MAKALAH
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
“ASPEK
PEMASARAN (PT. Megaxus Infotech)”
Disusu Oleh:
Nama :
Muchammad Ary Septian Hadi
NPM : 56414860
NPM : 56414860
Kelas :
4IA08
Dosen :
Siti Saidah
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017
KATA
PENGANTAR
Puja dan puji syukur saya haturkan kepada Allah Subhanahu
Wata’ala yang telah memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga saya
dapat menyelesaikan tugas makalah Pengantar Bisnis Informatika yang berjudul
“Aspek Pemasaran (PT. Megaxus Infotech)”.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan
dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun
isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati, saya selaku penyusun
menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca.
Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini dapat
menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat nyata untuk
masyarakat luas.
Depok, 16 November 2017
Muchammad Ary Septian Hadi
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.......................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A. Latar
Belakang..................................................................................... 1
B. Tujuan
Penelitian................................................................................. 1
BAB
II PEMBAHASAN...................................................................................... 2
A. Spefikasi Produk/Jasa........................................................................... 2
B. Segmentasi Produk/Jasa....................................................................... 2
C. Analisa situasi pasar............................................................................. 3
D. Analisa pesaing.................................................................................... 3
E. Strategi promosi.................................................................................. 3
F. Media promosi berbasis
IT.................................................................... 3
BAB
III PENUTUP........................................................................................... 4
A. Kesimpulan.......................................................................................... 4
B. Saran.................................................................................................. 4
DAFTAR
PUSTAKA..........................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Aspek Pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan sebagai kunci
dari keberhasilan perusahaan khususnya dalam memetakan pasar. Aspek pemasaran
dalam pengelolaan usaha sama halnya dengan aspek pemasaran dalam studi
kelayakan bisnis yang dirancang dan diperhatikan sebelum kita memulai usaha. Analisis aspek pemasaran dilakukan untuk melihat
dan menganalisis kebutuhan pasar agar strategi pemasaran yang akan dirancang
sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Sama halnya dengan aspek
pemasaran dalam kewirausahaan, aspek-aspek pemasaran dalam hal ini digunakan
untuk mengembangkan usaha yang ada ditinjau dari segi pemasaran.
Adapun aspek pemasaran yang akan dibahas :
- Spefikasi Produk/Jasa
- Segmentasi Produk/Jasa
- Analisa situasi pasar
- Analisa pesaing
- Strategi promosi
- Media promosi berbasis
IT
B. Tujuan
Penelitian
Tujuan dari pembuatan
makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Bisnis
Informatika yang diberikan oleh dosen dan untuk memahami tentang berbagai aspek
pemasaran, diantaranya:
1. Untuk
mengetahui Spefikasi
Produk/Jasa PT. Megaxus Infotech.
2. Untuk
mengetahui Segmentasi
Produk/Jasa PT. Megaxus Infotech.
3. Untuk
menganalisa Situasi Pasar PT. Megaxus Infotech.
4. Untuk
menganalisa Situasi Pesaing PT. Megaxus Infotech.
5. Untuk
mengetahui Strategi Promosi PT. Megaxus Infotech.
6. Untuk
mengetahui Media Promosi Berbasis IT PT.
Megaxus Infotech.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Spesifikasi
Produk/Jasa (PT. Megaxus Infotech)
Dalam pemasaran, produk
adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi
kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik
produk, melainkan satu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk
Kepuasan tersebut merupakan akumulasi kepuasan fisik, psikis, simbolis, dan
pelayanan yang diberikan oleh produsen..
Pada kesempatan ini saya
akan membahas mengenai Spefikasi Produk pada PT. Megaxus Infotech. Perusahaan ini adalah penyedia game
online yang ada diindonesia. beberapa produk yang ditawarkan dari PT.
Megaxus Infotech :
- PC
Online Games
Produk
game online yang telah dilisensi oleh PT. Megaxus Infotech di Indonesia. Produk
tersebut bisa didownload atau diorder dalam bentuk CD.
- MI-CASH
MI-CASH
alat pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian yang ada dalam
game-game tersebut.
B. Segmentasi
Produk/Jasa (PT. Megaxus Infotech)
Selanjutnya adalah
segmentasi dari produk/jasa yang disediakan PT. Megaxus Infotech.
1. Segmentasi
Demografis
Segmentasi demografis yang dilakukan
oleh PT. Megaxus Infotech ditujukan bagi seluruh konsumen usia remaja keatas.
2. Segmentasi
Geografis
Segmentasi geografis yang dilakukan
oleh PT. Megaxus Infotech ditujukan bagi semua kalangan masyarakat di seluruh
daerah di Indonesia.
3. Segmentasi
Prsikografis
Segmentasi psikografis yang dilakukan
oleh PT. Megaxus Infotech ditujukan bagi semua kalangan di Indonesia yang
membutuhkan hiburan dan para pecinta game online.
C. Analisis
situasi pasar (PT. Megaxus Infotech)
Perusahaan
menganalisis pasar dengan cara mengikuti berbagai event dan pameran game,
karena dengan cara itu perusahaan dapat menganalisis pasar dan memahami apa
yang sedang pasar inginkan, dengan menyiapkan strategi pemasaran mulai dari
produk, price, promotion dan place. Sasaran ditujukan kepada para pecinta game
online dan remaja keatas.
D. Analisis
Pesaing (PT. Megaxus Infotech)
PT. Megaxus Infotech
memiliki produk yang berasal dari develover luar yang dilisensikan sehingga
memiliki keuntungan dalam kualitas serta keunikan produk game yang dipilih. Produknya
pun bisa download atau bisa langsung order CD gamenya untuk memudahkan dalam
menginstal. Pembelian MI-CASHnya pun langsung dari webnya sendiri jadi
memudahkan dalam pembelian.
E. Strategi
Promosi
PT. Megaxus Infotech
melakukan promosi dengan bekerjasama dengan pencipta lagu atau artis pendatang
baru untuk mempromosikan lagu ciptaan mereka dengan menggunakan game ayodance. Dan
juga menghadiri event – event game untuk mempromosikan game-game baru yang
dikeluarkan.
F. Media
Promosi Berbasis IT
PT. Megaxus Infotech
menggunakan Website sebagai media promosi, melalui akun-akun dimedia social dan
juga menggunakan media periklanan online.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
PT. Megaxus Infotech adalah perusahaan
layanan penyedia game online di indonesia. sehingga masyarakat Indonesia bisa
merasakan game – game yang sedang eksis di luar negeri. Aspek pemasarannya sangat
baik sehingga dapat tetap eksis hingga sekarang.
B.
Komentar
Menurut saya PT. Megaxus memiliki aspek
pemasaran yang baik tetapi memiliki kekurangan dalam menghadirkan produk baru
dan juga cukup sedikit jenis produk yang disediakan. Dalam
pengembangan produknya juga memiliki beberapa kekurangan sehingga terkadang
banyak pelanggan yang meninggalkan produk yang disediakan.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.megaxus.com/
http://nabil-maududi.blogspot.co.id/2015/11/tugas-3-aspek-pemasaran.html
http://defrizzz.blogspot.sg/2014/10/aspek-pemasaran-perusahaan.html
http://jurnalmanajemen.com/aspek-pemasaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar