Kamis, 16 November 2017

Pengantar Bisnis Aspek Pemasaran PT. Megaxus Infotech

MAKALAH PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
“ASPEK PEMASARAN (PT. Megaxus Infotech)”




Disusu Oleh:
Nama    : Muchammad Ary Septian Hadi
NPM      : 56414860
Kelas     : 4IA08
Dosen   : Siti Saidah






UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017





KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur saya haturkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah Pengantar Bisnis Informatika yang berjudul “Aspek Pemasaran (PT. Megaxus Infotech)”.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati, saya selaku penyusun menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca.
Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat luas.




                                                                         Depok, 16 November 2017

Muchammad Ary Septian Hadi










DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A.   Latar Belakang..................................................................................... 1
B.    Tujuan Penelitian................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN...................................................................................... 2
A.   Spefikasi Produk/Jasa........................................................................... 2
B.    Segmentasi Produk/Jasa....................................................................... 2
C.   Analisa situasi pasar............................................................................. 3
D.   Analisa pesaing.................................................................................... 3
E.    Strategi promosi.................................................................................. 3
F.    Media promosi berbasis IT.................................................................... 3
BAB III PENUTUP........................................................................................... 4
A.   Kesimpulan.......................................................................................... 4
B.    Saran.................................................................................................. 4
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................











BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Aspek Pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan sebagai kunci dari keberhasilan perusahaan khususnya dalam memetakan pasar. Aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha sama halnya dengan aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang dirancang dan diperhatikan sebelum kita memulai usaha. Analisis aspek pemasaran dilakukan untuk melihat dan menganalisis kebutuhan pasar agar strategi pemasaran yang akan dirancang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Sama halnya dengan aspek pemasaran dalam kewirausahaan, aspek-aspek pemasaran dalam hal ini digunakan untuk mengembangkan usaha yang ada ditinjau dari segi pemasaran.
Adapun aspek pemasaran yang akan dibahas :
           -      Spefikasi Produk/Jasa
           -      Segmentasi Produk/Jasa
           -      Analisa situasi pasar
           -      Analisa pesaing
           -      Strategi promosi
           -      Media promosi berbasis IT
B.     Tujuan Penelitian
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika yang diberikan oleh dosen dan untuk memahami tentang berbagai aspek pemasaran, diantaranya:
1.    Untuk mengetahui Spefikasi Produk/Jasa PT. Megaxus Infotech.
2.    Untuk mengetahui Segmentasi Produk/Jasa PT. Megaxus Infotech.
3.    Untuk menganalisa Situasi Pasar PT. Megaxus Infotech.
4.    Untuk menganalisa Situasi Pesaing PT. Megaxus Infotech.
5.    Untuk mengetahui Strategi Promosi PT. Megaxus Infotech.
6.    Untuk mengetahui Media Promosi Berbasis IT PT. Megaxus Infotech.



BAB II
PEMBAHASAN

A.     Spesifikasi Produk/Jasa (PT. Megaxus Infotech)
Dalam pemasaran, produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik produk, melainkan satu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk Kepuasan tersebut merupakan akumulasi kepuasan fisik, psikis, simbolis, dan pelayanan yang diberikan oleh produsen..
Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai Spefikasi Produk pada PT. Megaxus Infotech. Perusahaan ini adalah penyedia game online yang ada diindonesia. beberapa produk yang ditawarkan dari PT. Megaxus Infotech :




-      PC Online Games
Produk game online yang telah dilisensi oleh PT. Megaxus Infotech di Indonesia. Produk tersebut bisa didownload atau diorder dalam bentuk CD.
-      MI-CASH
MI-CASH alat pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian yang ada dalam game-game tersebut.
B.     Segmentasi Produk/Jasa (PT. Megaxus Infotech)
Selanjutnya adalah segmentasi dari produk/jasa yang disediakan PT. Megaxus Infotech.
1.    Segmentasi Demografis
Segmentasi demografis yang dilakukan oleh PT. Megaxus Infotech ditujukan bagi seluruh konsumen  usia remaja keatas.
2.    Segmentasi Geografis
Segmentasi geografis yang dilakukan oleh PT. Megaxus Infotech ditujukan bagi semua kalangan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia.
3.    Segmentasi Prsikografis
Segmentasi psikografis yang dilakukan oleh PT. Megaxus Infotech ditujukan bagi semua kalangan di Indonesia yang membutuhkan hiburan dan para pecinta game online.

C.     Analisis situasi pasar (PT. Megaxus Infotech)
Perusahaan menganalisis pasar dengan cara mengikuti berbagai event dan pameran game, karena dengan cara itu perusahaan dapat menganalisis pasar dan memahami apa yang sedang pasar inginkan, dengan menyiapkan strategi pemasaran mulai dari produk, price, promotion dan place. Sasaran ditujukan kepada para pecinta game online dan remaja keatas.
D.   Analisis Pesaing (PT. Megaxus Infotech)
PT. Megaxus Infotech memiliki produk yang berasal dari develover luar yang dilisensikan sehingga memiliki keuntungan dalam kualitas serta keunikan produk game yang dipilih. Produknya pun bisa download atau bisa langsung order CD gamenya untuk memudahkan dalam menginstal. Pembelian MI-CASHnya pun langsung dari webnya sendiri jadi memudahkan dalam pembelian.
E.    Strategi Promosi
PT. Megaxus Infotech melakukan promosi dengan bekerjasama dengan pencipta lagu atau artis pendatang baru untuk mempromosikan lagu ciptaan mereka dengan menggunakan game ayodance. Dan juga menghadiri event – event game untuk mempromosikan game-game baru yang dikeluarkan.
F.    Media Promosi Berbasis IT
PT. Megaxus Infotech menggunakan Website sebagai media promosi, melalui akun-akun dimedia social dan juga menggunakan media periklanan online.






BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
PT. Megaxus Infotech adalah perusahaan layanan penyedia game online di indonesia. sehingga masyarakat Indonesia bisa merasakan game – game yang sedang eksis di luar negeri. Aspek pemasarannya sangat baik sehingga dapat tetap eksis hingga sekarang.
B.    Komentar
Menurut saya PT. Megaxus memiliki aspek pemasaran yang baik tetapi memiliki kekurangan dalam menghadirkan produk baru dan juga cukup sedikit jenis produk yang disediakan. Dalam pengembangan produknya juga memiliki beberapa kekurangan sehingga terkadang banyak pelanggan yang meninggalkan produk yang disediakan.





DAFTAR PUSTAKA

http://www.megaxus.com/
http://nabil-maududi.blogspot.co.id/2015/11/tugas-3-aspek-pemasaran.html
http://defrizzz.blogspot.sg/2014/10/aspek-pemasaran-perusahaan.html
http://jurnalmanajemen.com/aspek-pemasaran/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar