Kamis, 28 Desember 2017

Rencana Bisnis TIK

Rencana Bisnis Informatika

1.   Regulasi dan Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa
Aktivitas pengadaan tidak terbatas pada proses pengadaan, namun cakupan aktivitas pengadaan meliputi lima kegiatan utama, yaitu rencana pengadaan, proses  pengadaan, penerimaan dan penyimpanan, serta pemakaian dan manajemen aset, dan tiga transaksi, yaitu transaksi pembelian barang/jasa (kontrak), transaksi penerimaan barang/jasa, dan transaksi pengeluaran atau penggunaan barang/jasa.
Dalam proses pengadaan barang dan jasa, ada beberapa istilah yang perlu diketahui agar tidak menimbulkan ambiguitas dan misinterpretasi. Beberapa diantaranya adalah :
·   Barang, merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut benda, baik dalam bentuk bahan baku, setengah jadi, maupun barang jadi.
·  Jasa, terbagi menjadi Jasa Konsultasi, Jasa Pemborongan dan Jasa lainnya.
· Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), merupakan pemilik pekerjaan yang bertanggung jawab atas pelaksaan proses pengadaan barang dan jasa.
·    Penyedia barang jasa, merupakan perusahaan maupun badan usaha perseorangan yang menyediakan barang/jasa.

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan orang dapat berbisnis melalui jaringan internet. Kemudahan jaringan internet dalam bisnis adalah penjual tidak harus memiliki toko secara fisik dan pembeli tidak harus pergi ke toko. Bisnis melalui internet adalah solusi bagi mereka para pedagang yang memiliki modal kecil.

Saat ini perkembangan teknologi sangat berkembang pesat sehingga banyak hal-hal baru seputar teknologi salah satunya adalah teknologi di bidang game. Game merupakan sebuah teknologi yang diciptakan bertujuan untuk hiburan bagi manusia. Peluang dalam bisnis ini cukup terbuka karena game digemari oleh setiap kalangan dimasyarakat.




2.   Sumber Informasi Tentang Penawaran atau Peluang Proyek TIK
Game disetiap kalangan sudah sangat tidak asing lagi. Hampir setiap kalangan memainkan sebuah game entah itu pada handphone  atau PC. Sehingga memudahkan dalam melihat peluang bisnis tersebut. Google play adalah salah satu penyedia tempat untuk memasarkan game tersebut sehingga yang diperlukan hanyalah sebuah keterampilan dalam membuat game.
Dalam memasarkan game tersebut banyak media yang bisa digunakan seperti media social, media online, WEB dan lain – lainnya. Melalui media tersebut dapat memberikan informasi seputar kebutuhan pasar yang memudahkan dalam pembuatan project yang akan dibuat. Media – media tersebut sangat mudah digunakan dan biaya yang dikeluarkanpun cukup murah sehingga menjadi opsi terbaik untuk mendapatkan informasi.

3.   Kebutuhan Dokumen yang Tertuang dalam KAK (Kerangka Acuan Kerja) atau TOR(Term of Reference) atau Bidding Document
Identifikasi kebutuhan adalah salah satu kegiatan dalam penyusunan rencana umum pengadaan. Kegiatan lain yang juga menjadi bagian dalam penyusunan rencana umum pengadaan adalah penyusunan dan penetapan Kerangka Acuan Kerja (KAK). KAK adalah acuan dalam setiap pengadaan barang/jasa yang terdiri atas:
·         Uraian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi latar belakang, maksud, dan tujuan, lokasi kegiatan, sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang diperlukan. Latar belakang usaha ini karena penggunaan gadget untuk memainkan sebuah game di masyarakat yang cukup tinggi.
·         Waktu yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan/pekerjaan tersebut mulai dari pengumuman, rencana pengadaan sampai dengan penyerahan barang/jasa. Waktu yang diperlukan untuk bisnis ini disesuaikan dengan permintaan dari order yang telah disepakati.
·         Spesifikasi teknis barang/jasa yang akan diadakan dalam usaha jasa pembuatan game.
·         Besarnya total perkiraan biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang harus dibebankan pada kegiatan tersebut.


Istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK dan RAB merupakan dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan dan termasuk dalam dokumen anggaran K/L/D/I.
Dalam permasalahan KAK yang sering muncul adalah penjabaran yang tidak detail atau sebatas untuk memenuhi kewajiban dalam pengisian dokumen. Dalam bisnis ini KAK sangat berperan penting untuk mengatur kelangsungan kerja agar tertata rapi dan tersturkur.

Komentar
Dalam memulai bisnis ini harus memiliki kemampuan yang cukup dalam membuat game tersebut. Saat awal memulai bisnis ini pasti akan cukup sulit karena bisnis game di Indonesia masih kurang diperhatikan sehingga sulit untuk memiliki pasar yang besar.

Dibutuhkan juga tim yang solid dan kompeten dikarenakan dalam membuat project game ini akan sangat berat jika dikerjakan seorang diri walaupun memiliki skill yang memadai. Dalam pemasarannya pun harus memiliki koneksi yang cukup banyak agar cepat dalam mendapatkan informasi seputar pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar